Sabtu, 22 Januari 2011

resensi buku 'harry potter and the prisoner of azkaban'

HARRY  POTTER  DAN  TAWANAN  AZKABAN

                Harry Potter akan memasuki tahun ketiganya di Sekolah Sihir Hogwarts. Dia sekarang berumur 13 tahun. Saat ini Harry sedang di rumah Paman Vernon dan mendengar pengumuman tentang larinya seorang tahanan penjara berbahaya bernama Sirius Black, yang selama ini dianggap sebagai pengikut Lord Voldemort, pembunuh orang tua Harry. Setelah meninggalkan rumah Paman Vernon, pada malam hari menuju Leaky Cauldron tempat penginapan, Harry melihat anjing hitam besar yang membuatnya takut dan penasaran.
                Di stasiun King’s Cross, Harry bersama sahabatnya Hermione dan Ron yang membawa tikus kesayangannya yang kaki sebelahnya buntung. Hogwarts Express melaju menuju Sekolah Sihir Hogwarts. Hari berganti hari, bulan berganti bulan, saat liburan natal di kastil, Harry, Ron dan Hermione tanpa sengaja mendengar percakapan Profesor McGonagall(Guru Transfigurasi), Hagrid(Pengawas Binatang Liar) dan Cornelius Fudge(Menteri Sihir),bahwa Sirius Black dan James Potter(Ayah Harry) bersahabat. Dan waktu Harry Potter lahir, Ayah dan Ibunya menunjuk Sirius Black sebagai wali Harry serta menjadi penjaga rahasia keluarga Potter. Tetapi Sirius Black bergabung dengan Lord Voldemort, mengkhianati keluarga Potter dan memberi tahu Lord Voldemort di mana keluarga Potter berada. Dan ada Peter Pettigrew, juga sahabat Sirius Black dan James Potter, menyudutkan Sirius Black karena telah bergabung dengan Lord Voldemort. Tetapi Sirius Black membunuh Peter Pettigrew, dan yang tersisa hanya potongan kaki. Berita bahwa Sirius Black kabur, hanya  karena ingin mencari Harry dan menyerahkannya kepada Lord Voldemort.
                Setelah ujian selesai, pada pertandingan Quidditch, olah raga sihir yang menggunakan sapu terbang, Harry melihat anjing  hitam besar itu lagi. Dan sebelum petang, ketika Harry, Ron dan Hermione di halaman kastil, ada anjing hitam besar muncul lagi dan menyeret Ron ke bawah pohon dedalu perkasa. Harry dan Hermione menyusul Ron,  melewati terowongan yang rendah dan sampai di gubuk yang sudah tua. Harry dan Hermione mengerti bahwa anjing hitam besar itu Animagus(penyihir yang bisa berubah menjadi binatang), yang ternyata Sirius Black. Mendadak Profesor Lupin(Guru Pertahanan Terhadap Ilmu Hitam) masuk dan memeluk Sirius Black. Mereka ternyata juga bersahabat ketika di sekolah dulu. Berarti Profesor Lupin, Peter Pettigrew, Sirius Black, dan James Potter bersahabat. Profesor Lupin tenyata sudah tahu apa yang sebenarnya terjadi dan membantu Sirius Black untuk membunuh Peter Pettigrew, yang ternyata tikus Ron sendiri, karena kaki yang satunya buntung. Dan yang sebenarnya terjadi adalah kebalikan yang dibicarakan orang-orang, temasuk pembicaraan Profesor McGonagall, Hagrid dan Cornelius Fudge.
Yang sebetulnya mengkhianati dan menjadi pengikut Lord Voldemort adalah Peter Pettigrew, dan melarikan diri dengan mengubah dirinya menjadi tikus serta memotong kakinya sendiri supaya orang lain mengira Sirius Black-lah yang bersalah. Sirius Black dan Profesor Lupin membuktikannya dengan mengubah tikus itu dan muncullah Peter Pettigrew. Ketika Profesor Lupin dan Sirius Black akan membunuh Peter Pettigrew, Harry mencegahnya , karena Harry tahu bahwa ayahnya tidak ingin sahabatnya menjadi pembunuh. Peter Pettigrew dibawa ke kastil, diserahkan kepada Profesor Dumbledore(Kepala Sekolah) dan dibawa ke Azkaban(penjara sihir). Tetapi ketika menuju kastil, Peter Pettigrew bertransformasi menjadi tikus dan melarikan diri. Tepat pada waktu itu Prfesor Snape (Guru Ramuan) melihatnya dan membawa Sirius Black ke kastil dan diserahkan ke Profesor Dumbledre. Sirius Black dikurung di menara paling atas dan akan dibawa ke Azkaban. Profesor Snape dengan senyum liciknya gembira karena bisa menagkap Sirius Black dan akan mendapat penghargaan karenanya.
Hermione yang diam-diam mempunyai alat pemutar waktu, disuruh Profesor Dumbledore untuk memutar waktu ke tiga jam yang lalu tanpa terlihat orang lain ataupun dirinya sendiri., dan membebaskan Sirius Black di menara paling atas, karena Profesr Dumbledore juga sudah tahu apa yang sebenarnya terjadi, tetapi tidak mempunyai bukti. Profesor Dumbledore mengunci Harry, Ron dan Hermione di rumah sakit sekolah sebelum Hermione memutar waktu. Karena kaki Ron masih sakit, Hermione mengalungkan alat pemutar waktu bersama Harry, memutannya tiga kali, dan kembali ke tiga jam yang lalu.  Mereka membebaskan Sirius Black, lalu kembali ke rumah sakit tepat pada waktunya tanpa terlihat orang lain.
Baru beberapa menit setelah Harry dan Hermione di  rumah sakit dan menemui Ron, Profesor Snape datang sambil berteriak marah, dan membuka pintu rumah sakit. Profesor Snape menuduh Harry, Ron dan Hermione membebaskan Sirius Black. Tetapi Profesor Snape tidak punya bukti karena ketika masuk rumah sakit, pintunya dikunci dari luar dan Profesor Dumbledore tampak lega. Profesor Snape marah karena Sirius Black kabur dan Profesor Snape tidak jadi mendapat penghargaan itu.
Paginya, murid-murid Hogwarts mendapat hasil ujian masing-masing dan nilai Harry, Ron dan Hermione lulus semua. Hogwarts Express membawa murid-murid kembali ke rumah masing-masing selama liburan musim panas. Di  dalam kereta, Harry mendapat surat yang dibawa oleh burung hantu dan ternyata kabar dari Sirius Black yang sekarang aman di tempat persembunyian, walaupun tidak menyebutnya di mana sekarang berada. Sirius Black juga minta maaf karena membuat Harry ketakutan saat malam hari menuju Leaky Cauldron dan pada saat pertandingan  Quidditch, bahwa anjing hitam besar itu adalah dirinya.
Akhirnya Hogwats Express berhenti di stasiun King’s Cross dan Harry mengucapkan perpisahan dan jumpa lagi setelah liburan musim panas kepada Ron dan Hermione. Tenyata Paman Vernon sudah menunggunya dengan muka muram, dan Harry mengacuhkannya.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar