Selasa, 03 Mei 2011

faktor penyebab suatu titik lokasi menjadi pusat pertumbuhan

FAKTOR PENYEBAB SUATU TITIK LOKASI MENJADI PUSAT PERTUMBUHAN

                Suatu titik lokasi menjadi pusat pertumbuhan disebabkan oleh beberapa faktor :
A.      Kondisi Fisik Wilayah
Kondisi fisik wilayah merupakan salah satu faktor penyebab berkembangnya suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan, misalnya kondisi fisik yang datar akan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan kondisi wilayah yang berbukit-bukit atau lembah yang curam. Perkembangan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan itu memerlukan dana, tenaga, bahkan teknologi yang tinggi dan pada akhirnya harus dipandang dari sudut ekonomisnya.

B.      Kekayaan Sumber Daya Alam
Suatu wilayah yang memiliki sumber daya melimpah dapat menjadi pusat pertumbuhan. Pemusatan sejumlah orang itu akan diikuti oleh pembangunan sarana dan prasarana penunjang seperti rumah, pasar, terminal, industri, sekolah, dan lain sebagainya. Akibatnya akan terjadi pemekaran wilayah ke segala arah.

C.      Sarana Dan Prasarana Transportasi
Sarana dan prasarana transportasi memegang peranan penting dalam mendukung terbentuknya pusat-pusat pertumbuhan. Suatu titik lokasi yang berada pada wilayah dengan jaringan transportasi yang baik, besar kemungkinan dapat menjadi pusat pertumbuhan dan akan memacu aktivitas ekonomi daerah bersangkutan.

D.      Adanya Industri
Perkembangan industri pada suatu wilayah mengakibatkan munculnya lapangan kerja. Keberadaan industri pada suatu wilayah itu dapat memberikan berbagai peluang aktivitas ekonomi dan selanjutnya menjadi pusat pertumbuhan bagi wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya.

E.       Kondisi Sosial Budaya Masyarakat
Kondisi sosial budaya suatu masyarakat dapat mempengaruhi perkembangan suatu wilayah menjadi pusat pertumbuhan dan perkembangan bagi wilayah yang ada di sekitarnya. Misalnya suatu kehidupan masyarakat yang telah modern lebih bersifat terbuka untuk menerima pembaharuan-pembaharuan dan dapat menjadi pusat pertumbuhan bagi wilayah-wilayah yang ada di sekitarnya. Sedangkan pada kehidupan masyarakat tradisional sangat sulit untuk menerima pembaharuan-pembaharuan yang ada di sekitar wilayahnya

F.       Pertimbangan Ekonomi
Berdasarkan pertimbangan ekonomi, suatu daerah dapat dijadikan sebagai pusat pertumbuhan oleh pemerintah Republik Indonesia, seperti Batam.

2 komentar: